Selasa, 06 Desember 2016

PELATIHAN BALAI RAKYAT, MENDORONG TERWUJUDNYA PUSAT INFORMASI DI DESA

Acara Pembukaan Pelatihan
UPK Narmada, Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah agar terpenuhinya akses pelayanan sosial dasar bagi masyarakat desa, guna mendukung terwujudnya kesejahteraan masyarakat. Salah satu upaya tersebut adalah dengan mendorong pembentukan dan pengelolaan balai rakyat, yang dapat berfungsi sebagai pusat informasi dan sumber pengetahuan bagi masyarakat desa.
Atas dasar tersebut, bertempat di balai diklat pertanian Narmada Lombok Barat, program PSD-GSC kecamatan Narmada menggelar pelatihan pengelolaan balai rakyat bagi desa-desa diwilayah kecamatan Narmada, yang diikuti oleh kepala desa, BPD, kader posyandu, kader GSC, dan lembaga-lembaga lain di desa, seperti karang taruna, PKK, LPM dan lain sebagainya. Pelatihan tersebut sebagaimana dilaporkan oleh ketua panitia Zikrul Hamdani akan dilaksanakan mulai tanggal 5 s/d 8
Desember 2016, yang terbagi dalam tiga tahap dan masing-masing tahap terdiri dari 7 Desa.
Adapun output dari pelatihan tersebut sebagaimana dijelaskan oleh fasilitator kabupaten Ibu Sulhayani, melalui pelatihan ini diharapkan agar desa-desa diwilayah kecamatan Narmada memiliki sentra informasi dimana warga dapat mengakses informasi terkait pembangunan di desa. Lebih jauh Sulhayani menjelaskan, disamping sebagai pusat informasi, balai rakyat juga nantinya akan berfungsi sebagai tempat belajar masyarakat dan pusat mediasi di tingkat desa.
Ditempat yang sama, penanggungjawab operasional kegiatan (PJOK) program PSD-GSC kecamatan Narmada Bahri yang turut hadir pada acara pembukaan pelatihan berharap balai rakyat yang nantinya akan terbentuk dapat menjadi wadah tempat berkumpul dan bertukar pikiran bagi masyarakat, tempat menyalurkan aspirasi dan tempat belajar warga. Disamping itu Bahri juga berharap agar peserta pelatihan mengikuti setiap materi dengan sungguh-sungguh agar dapat diaplikasikan di desa masing-masing, untuk mendorong keterbukaan informasi dalam rangka mencerdaskan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.(upk-dny)              

Tidak ada komentar:

Posting Komentar